Kamis, 15 Februari 2018

Gejala Epilepsi Pada Anak


Epilepsi atau ayan ialah sebuah keadaan yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Gangguan atau perubahan di dalam otak dipercaya sebagai penyebab di sebagian kecil kasus epilepsi. Namun pada sebagian besar kasus yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Nasa


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi ketika dorongan listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga memicu gerakan tubuh yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit epilepsi, tetapi belum tentu orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang diduga mengidap epilepsi setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Derajat kekritisan kejang pada tiap penderita ayan berbeda-beda. Ada yang hanya mengalami beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai berdampak tidak sadarkan diri.


Berdasarkan informasi WHO, setidaknya 50 juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan naik kurang lebih 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan perkara ayan lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, perkara ayan bertambah sekitar 30 sampai 50 kasus tiap seratus ribu penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kasus dapat meningkat hingga dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh informasi peristiwa ayan minimal 700.000-1,4 juta. Angka ini akan bertambah kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada kurang lebih 40-50 persen peristiwa epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat mulai diderita seseorang di usia kapan saja, meski biasanya situasi ini terjadi semenjak masa kanak-kanak. Bersumber pada penyebabnya, epilepsi dibagi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Penyembuhan Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau disebut juga sebagai ayan primer adalah jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Beberapa ahli menaksir bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor genetik. Sementara ayan simptomatik atau disebut juga epilepsi sekunder ialah jenis epilepsi yang penyebabnya sudah diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai dapat menyebabkan ayan sekunder.


Ayan merupakan penyakit yang cukup serius yang perlu diwaspadai. Untuk itu, berhati-hatilalah dengan penyakit ayan ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, amatilah setiap aktivitasnya, sebab ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

About the Author

araralya

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OBAT WASIR SAMPAI SEMBUH PERMANEN © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com