Minggu, 04 Maret 2018

Penyakit Epilepsi Apakah Menular


Epilepsi atau ayan merupakan suatu kondisi yang bisa memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak dianggap sebagai penyebab di sebagian kecil peristiwa epilepsi. tetapi di sebagian besar kejadian yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Pdf


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkomunikasi dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi saat dorongan listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga mendatangkan tindakan fisik yang tidak tertangani.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit ayan, tetapi belum pasti orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang dicurigai menderita epilepsi selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Derajat keparahan kejang pada tiap penderita epilepsi berbeda-beda. Ada yang sekadar berlangsung beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang sekadar mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga menimbulkan pingsan.


Berdasarkan informasi WHO, setidaknya 50.000.000 orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik sekurangnya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka pertambahan kasus epilepsi lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, kasus epilepsi naik setidaknya 30-50 peristiwa tiap 100ribu orang. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kejadian bisa bertambah sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh fakta kasus epilepsi minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini akan naik setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekitar 40-50 persen peristiwa ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa pertama diderita seseorang di umur kapan saja, meski umumnya situasi ini terjadi semenjak kecil. Berlandaskan penyebabnya, ayan digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau disebut juga sebagai epilepsi primer adalah jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Sejumlah ahli mengira bahwa masalah ini disebabkan oleh faktor genetik. Sementara epilepsi simptomatik atau dikenal juga ayan sekunder ialah jenis ayan yang pemicunya dapat diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diyakini dapat menimbulkan epilepsi sekunder.


Ayan adalah penyakit yang cukup serius yang wajib diawasi. Oleh sebab itu, waspadalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, pantaulah setiap aktivitasnya, karena ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

About the Author

araralya

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OBAT WASIR SAMPAI SEMBUH PERMANEN © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com