Rabu, 28 Februari 2018

Macam Epilepsi


Epilepsi atau ayan adalah satu kondisi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai penyebab dari sebagian kecil kasus epilepsi. hanya saja dari sebagian besar kejadian yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang merupakan elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkomunikasi dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada kasus ayan, kejang terjadi saat impuls listrik tersebut dihasilkan secara berlebihan sehingga membuahkan tindakan tubuh yang tidak teratur.


Kejang memang menjadi tanda utama penyakit epilepsi, tapi belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang diduga menderita epilepsi sesudah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Taraf kekritisan kejang pada tiap pasien epilepsi berbeda-beda. Ada yang cuma mengalami beberapa detik dan ada pula yang hingga beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada pula yang mengalami kejang total hingga menimbulkan kehilangan kesadaran.


Berdasarkan keterangan WHO, setidaknya lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah sekurangnya 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan kasus ayan lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kejadian epilepsi bertambah sekitar 30 hingga 50 peristiwa tiap 100ribu warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah perkara bisa meningkat sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan data kasus epilepsi minimal 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini dapat meningkat setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekitar 40% sampai 50% kejadian ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat mulai diderita seseorang di usia kapan saja, meski kebanyakan keadaan ini terjadi semenjak masa kanak-kanak. Berdasarkan penyebabnya, epilepsi dibedakan menjadi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Pengobatan Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai ayan primer ialah jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Sebagian ahli mengira bahwa situasi ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau dinamakan juga epilepsi sekunder adalah jenis ayan yang pemicunya dapat diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai dapat menyebabkan epilepsi sekunder.


Ayan ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diawasi. Karenanya, waspadalah dengan penyakit epilepsi ini. Jika anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, pantaulah setiap kegiatannya, karena epilepsi bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

About the Author

araralya

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OBAT WASIR SAMPAI SEMBUH PERMANEN © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com