Sabtu, 17 Februari 2018

Penyebab Kambuhnya Epilepsi


Epilepsi atau ayan merupakan satu situasi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diduga sebagai dalang dari sebagian kecil kejadian epilepsi. tetapi dari sebagian besar peristiwa yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Adalah


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang tercatat sebagai komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan memanfaatkan impuls listrik. Pada perkara ayan, kejang terjadi saat dorongan listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga menimbulkan gerakan badan yang tidak tertangani.


Kejang memang menjadi gejala utama penyakit ayan, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia medis, seseorang diyakini menderita epilepsi sesudah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Derajat kegawatan kejang pada tiap penderita epilepsi berbeda-beda. Ada yang sekadar berlangsung beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada pula yang mengalami kejang total hingga berdampak kehilangan kesadaran.


Berdasarkan statistik WHO, sekitar 50 juta orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan naik kurang lebih 2.4 juta setiap tahunnya. Angka pertambahan kasus epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kejadian ayan bertambah sekitar 30 sampai 50 kasus tiap 100 rb orang. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kejadian bisa bertambah sampai 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh statistik kejadian ayan minimal 700.000 sampai 1,4 juta. Angka ini dapat bertambah sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat kurang lebih 40-50 persen perkara ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa pertama dialami seseorang pada umur berapa saja, meski kebanyakan keadaan ini terjadi semenjak masih kecil. Berdasarkan penyebabnya, epilepsi digolongkan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Penyebab Epilepsi Pada Bayi

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer ialah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Sejumlah ahli memprediksi bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau dinamakan juga ayan sekunder adalah jenis epilepsi yang penyebabnya sudah diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga dapat menyebabkan ayan sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diwaspadai. Karena itu, berhati-hatilalah dengan penyakit ayan ini. Apabila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, pantaulah setiap aktivitasnya, sebab ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

About the Author

araralya

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OBAT WASIR SAMPAI SEMBUH PERMANEN © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com