Rabu, 14 Februari 2018

Makalah Epilepsi


Epilepsi atau ayan merupakan sebuah situasi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak ditenggarai sebagai dalang dari sebagian kecil peristiwa ayan. tetapi di sebagian besar kasus yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Atau Ayan


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan menggunakan impuls listrik. Pada peristiwa epilepsi, kejang terjadi saat impuls listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga menimbulkan perilaku badan yang tidak teratur.


Kejang memang menjadi tanda utama penyakit epilepsi, tetapi belum tentu orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia medis, seseorang dipercaya mengidap ayan sesudah mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali. Stadium keparahan kejang pada tiap pengidap epilepsi berbeda-beda. Ada yang hanya berlangsung beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga menimbulkan pingsan.


Menurut fakta WHO, setidaknya 50.000.000 orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan meningkat sekitar 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan peristiwa ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, peristiwa ayan naik kurang lebih 30 sampai 50 kejadian tiap seratus ribu warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah perkara dapat meningkat hingga dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh keterangan peristiwa ayan minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini dapat naik setidaknya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada setidaknya 40%-50% perkara epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa pertama diderita seseorang di usia berapa saja, meski kebanyakan keadaan ini terjadi dari kecil. Berdasarkan penyebabnya, ayan dibagi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Kejang Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau disebut juga sebagai ayan primer ialah jenis ayan yang penyebabnya belum diketahui. Sebagian ahli menerka bahwa situasi ini ditenggarai oleh faktor genetik. Sementara ayan simptomatik atau disebut juga ayan sekunder ialah jenis epilepsi yang penyebabnya dapat diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai bisa menimbulkan ayan sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diwaspadai. Karenanya, waspadalah dengan penyakit epilepsi ini. Jika anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, pantaulah setiap kegiatannya, karena ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

About the Author

araralya

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OBAT WASIR SAMPAI SEMBUH PERMANEN © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com