Minggu, 11 Maret 2018

Penyebab Kejang Pada Penderita Stroke


Epilepsi atau ayan merupakan satu situasi yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak dipercaya sebagai dalang pada sebagian kecil kejadian ayan. Namun dari sebagian besar kejadian yang pernah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara terang. Obat Epilepsi Pada Anak


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang menjadi bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkoneksi dengan menggunakan impuls listrik. Pada peristiwa ayan, kejang terjadi waktu impuls listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga memicu gerakan tubuh yang tidak teratur.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit epilepsi, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia kesehatan, seseorang diyakini mengidap epilepsi setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tahap keparahan kejang pada tiap penderita ayan berbeda-beda. Ada yang hanya mengalami beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang sekadar mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada pula yang mengalami kejang total sampai menimbulkan tidak sadarkan diri.


Menurut informasi WHO, sekurangnya 50.000.000 orang di dunia hidup dengan ayan. Angka ini akan meningkat sekitar 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan kejadian ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, peristiwa epilepsi bertambah kurang lebih 30-50 perkara tiap 100 rb orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah peristiwa dapat naik sampai dua kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan keterangan kejadian ayan minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini akan naik kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada setidaknya 40-50 persen perkara ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa mulai dialami seseorang pada usia kapan saja, meski kebanyakan keadaan ini terjadi sejak kecil. Berdasarkan penyebabnya, ayan dibagi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Pengertian Epilepsi

Ayan idiopatik atau dinamakan juga sebagai ayan primer ialah jenis epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Sejumlah ahli menerka bahwa situasi ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sementara ayan simptomatik atau dinamakan juga epilepsi sekunder adalah jenis epilepsi yang penyebabnya sudah diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diyakini dapat menyebabkan epilepsi sekunder.


Ayan adalah penyakit yang cukup serius yang wajib diwaspadai. Oleh sebab itu, berhati-hatilalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang menderita penyakit ayan ini, amatilah setiap aktivitasnya, sebab ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

About the Author

araralya

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OBAT WASIR SAMPAI SEMBUH PERMANEN © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com