Jumat, 09 Maret 2018

Penyebab Penyakit Ayan Atau Epilepsi


Epilepsi atau ayan yaitu satu keadaan yang bisa menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diduga sebagai dalang dari sebagian kecil kasus ayan. Namun pada sebagian besar perkara yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Pdf


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang termasuk sebagai bagian dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan memakai impuls listrik. Pada kejadian epilepsi, kejang terjadi saat dorongan listrik tersebut diproduksi secara berlebihan sehingga menimbulkan tindakan badan yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan gejala utama penyakit epilepsi, namun belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia medis, seseorang dicurigai menderita epilepsi setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tingkat keparahan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar terjadi beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada sebagian tubuhnya dan ada juga yang mengalami kejang total hingga mengakibatkan kehilangan kesadaran.


Berdasarkan keterangan WHO, setidaknya 50.000.000 orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan bertambah sekurangnya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan kasus epilepsi lebih besar di negara berkembang. Di negara maju, kejadian ayan naik sekurangnya 30 sampai 50 kejadian tiap seratus ribu warga. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kejadian bisa bertambah sampai 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan informasi peristiwa ayan paling sedikit 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini dapat meningkat kurang lebih 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekitar 40-50 persen peristiwa epilepsi yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa mulai diderita seseorang pada umur berapa saja, meski biasanya kondisi ini terjadi semenjak masih anak-anak. Berdasarkan penyebabnya, ayan dibedakan menjadi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Epilepsi Pada Anak

Ayan idiopatik atau dikenal juga sebagai epilepsi primer merupakan jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Beberapa ahli memprediksi bahwa keadaan ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sedangkan epilepsi simptomatik atau dikenal juga epilepsi sekunder merupakan jenis ayan yang penyebabnya dapat diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diyakini bisa menyebabkan ayan sekunder.


Ayan ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diawasi. Oleh karena itu, waspadalah dengan penyakit ayan ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit epilepsi ini, perhatikanlah setiap aktivitasnya, sebab epilepsi dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

About the Author

araralya

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OBAT WASIR SAMPAI SEMBUH PERMANEN © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com