Minggu, 11 Maret 2018

Orang Ayan


Epilepsi atau ayan ialah suatu situasi yang bisa menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak diyakini sebagai dalang dari sebagian kecil kejadian ayan. hanya saja di sebagian besar kasus yang sudah terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Apotik


Di dalam otak manusia ada neuron atau sel-sel saraf yang menjadi elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berkoneksi dengan menggunakan dorongan listrik. Pada kejadian ayan, kejang terjadi waktu impuls listrik itu diproduksi secara berlebihan sehingga mendatangkan perilaku fisik yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan ciri utama penyakit epilepsi, tetapi belum pasti orang yang mengalami kejang mengidap ayan. Dalam dunia medis, seseorang diyakini mengidap epilepsi setelah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tahap keparahan kejang pada tiap pasien epilepsi berbeda-beda. Ada yang cuma terjadi beberapa detik dan ada juga yang sampai beberapa menit. Ada yang cuma mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada pula yang mengalami kejang total hingga mengakibatkan kehilangan kesadaran.


Menurut fakta WHO, sekurangnya lima puluh juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik kurang lebih 2.4 jt setiap tahunnya. Angka kenaikan perkara ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, perkara ayan bertambah setidaknya 30 sampai 50 perkara tiap 100ribu orang. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita lemah dan menengah kasus bisa bertambah hingga 2x lipatnya.


Di Indonesia sendiri diperoleh data peristiwa ayan paling sedikit 700.000-1,4 juta. Angka ini akan naik sekitar 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat kurang lebih 40% sampai 50% perkara ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan dapat pertama dialami seseorang di umur berapa saja, meski biasanya masalah ini terjadi semenjak masa kanak-kanak. Berdasarkan penyebabnya, epilepsi dibagi dua, yaitu idiopatik dan simptomatik.


Mekanisme Kejang

Ayan idiopatik atau disebut juga sebagai epilepsi primer merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Sebagian ahli memprediksi bahwa masalah ini disebabkan oleh faktor genetik. Sedangkan ayan simptomatik atau dikenal juga ayan sekunder merupakan jenis epilepsi yang penyebabnya sudah diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diduga bisa menyebabkan epilepsi sekunder.


Ayan ialah penyakit yang cukup serius yang wajib diawasi. Karenanya, awaslah dengan penyakit ayan ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, perhatikanlah setiap kegiatannya, karena ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

About the Author

araralya

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OBAT WASIR SAMPAI SEMBUH PERMANEN © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com