Kamis, 01 Maret 2018

Macam Macam Penyakit Saraf


Epilepsi atau ayan sama dengan suatu kondisi yang bisa memicu seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak ditenggarai sebagai pencetus dari sebagian kecil peristiwa ayan. Namun pada sebagian besar perkara yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara jelas. Obat Epilepsi Pada Kucing


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang menjadi komponen dari sistem saraf. Tiap sel saraf saling berkomunikasi dengan memanfaatkan dorongan listrik. Pada kejadian ayan, kejang terjadi saat impuls listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga mengakibatkan perilaku badan yang tidak teratur.


Kejang memang menjadi ciri utama penyakit epilepsi, namun belum pasti orang yang mengalami kejang menderita epilepsi. Dalam dunia medis, seseorang diduga menderita ayan selepas mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tingkat kegawatan kejang pada tiap pengidap ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar terjadi beberapa detik dan ada pula yang sampai beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada separuh badannya dan ada pula yang mengalami kejang total sampai berdampak tidak sadarkan diri.


Menurut statistik WHO, kurang lebih 50 jt orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik sekitar 2.4 juta setiap tahunnya. Angka kenaikan kejadian ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, perkara ayan bertambah setidaknya 30 sampai 50 perkara tiap seratus ribu orang. Sedangkan di negara dengan pendapatan perkapita minim dan menengah peristiwa dapat meningkat hingga 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan statistik peristiwa epilepsi minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini dapat naik sekurangnya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, ada sekurangnya 40%-50% peristiwa ayan yang terjadi pada anak-anak.


Ayan bisa pertama dialami seseorang di usia berapa saja, meski kebanyakan kondisi ini terjadi semenjak kecil. Bersandarkan penyebabnya, epilepsi dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Kejang Fokal

Ayan idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer merupakan jenis ayan yang penyebabnya tidak diketahui. Sejumlah ahli berspekulasi bahwa kondisi ini ditenggarai oleh faktor keturunan. Sedangkan ayan simptomatik atau dikenal juga epilepsi sekunder adalah jenis ayan yang pemicunya bisa diketahui. Sejumlah faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke diyakini dapat mengakibatkan ayan sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diawasi. Karena itu, waspadalah dengan penyakit ayan ini. Bila anak Anda ada yang menderita penyakit epilepsi ini, amatilah setiap kegiatannya, karena ayan dapat kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

About the Author

araralya

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OBAT WASIR SAMPAI SEMBUH PERMANEN © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com