Jumat, 02 Maret 2018

Epilepsi Ringan


Epilepsi atau ayan sama dengan sebuah kondisi yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kelainan atau perubahan di dalam otak dipercaya sebagai pencetus pada sebagian kecil peristiwa epilepsi. Namun di sebagian besar kasus yang sempat terjadi, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti. Obat Epilepsi


Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang menjadi elemen dari sistem saraf. Tiap sel saraf silih berhubungan dengan memakai dorongan listrik. Pada kejadian ayan, kejang terjadi ketika impuls listrik itu dihasilkan secara berlebihan sehingga mendatangkan tindakan fisik yang tidak terkontrol.


Kejang memang merupakan ciri utama penyakit ayan, tapi belum tentu orang yang mengalami kejang menderita ayan. Dalam dunia medis, seseorang diyakini menderita ayan sesudah mengalami kejang sejumlah lebih dari satu kali. Tingkat keseriusan kejang pada tiap pasien ayan berbeda-beda. Ada yang sekadar berlangsung beberapa detik dan ada juga yang hingga beberapa menit. Ada yang hanya mengalami kejang pada sebagian badannya dan ada juga yang mengalami kejang total sampai menyebabkan kehilangan kesadaran.


Berdasarkan data WHO, setidaknya 50.000.000 orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini akan naik setidaknya 2.4 juta setiap tahunnya. Angka peningkatan peristiwa ayan lebih tinggi di negara berkembang. Di negara maju, perkara ayan naik setidaknya 30 sampai 50 peristiwa tiap 100ribu penduduk. Sementara di negara dengan pendapatan perkapita rendah dan menengah kasus bisa naik hingga 2 kali lipatnya.


Di Indonesia sendiri didapatkan informasi kejadian epilepsi minimal 700.000 hingga 1,4 juta. Angka ini dapat meningkat sekurangnya 70ribu tiap tahunnya. Diantaranya, terdapat sekitar 40-50 persen kejadian ayan yang terjadi pada anak-anak.


Epilepsi bisa awal dialami seseorang di usia kapan saja, meski biasanya masalah ini terjadi sejak masa kanak-kanak. Bersandarkan penyebabnya, ayan dibagi dua, yakni idiopatik dan simptomatik.


Tanda Tanda Epilepsi

Epilepsi idiopatik atau dinamakan juga sebagai epilepsi primer adalah jenis epilepsi yang penyebabnya belum diketahui. Sebagian ahli mengira bahwa masalah ini disebabkan oleh faktor keturunan. Sedangkan epilepsi simptomatik atau dinamakan juga ayan sekunder ialah jenis ayan yang pemicunya bisa diketahui. Beberapa faktor, seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke ditenggarai bisa mengakibatkan epilepsi sekunder.


Epilepsi ialah penyakit yang cukup serius yang perlu diwaspadai. Karenanya, waspadalah dengan penyakit epilepsi ini. Bila anak Anda ada yang mengidap penyakit ayan ini, pantaulah setiap aktivitasnya, sebab ayan bisa kambuh kapan saja dan dimana saja.  Untuk informasi lengkap tentang pengobatan epilepsi silahkan klik Obat Epilepsi

About the Author

araralya

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 

OBAT WASIR SAMPAI SEMBUH PERMANEN © 2015 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com